Bagaimana Kelakuan Turis Timur Tengah di Bali?

Foto: Ilustrasi Turis Arab (Thinkstock)

Jakarta - Liburan Raja Salman ke Bali nanti bakal mencuri perhatian dunia. Bicara soal turis dari Arab dan Timur Tengah, apa saja yang biasa mereka lakukan di Bali?

Raja Salman akan membawa 1.500 orang, 10 menteri dan 25 pangeran ke Indonesia. Dia melaksanakan kunjungan kenegaraan tanggal 1-3 Maret 2017, kemudian hingga tanggal 9 Maret akan liburan ke Bali.

Kunjungan Raja Salman diyakini akan membawa dampak faktual bagi kunjungan turis Arab dan Timur Tengah di waktu mendatang. Angka kunjungan turis Arab dan Timur Tengah ke Bali memang masih sedikit, tak hingga 100 ribu per tahun.

Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Bali, Ketut Ardana menjelaskan wacana acara yang biasanya dilakukan para turis Arab dan Timur Tengah. Menurutnya, mereka sama saja dengan turis lainnya yang dari Australia atau Eropa.

"Secara umum turis dari Arab dan Timur Tengah itu sama dengan turis-turis lainnya. Suka main ke pantai dan suka budaya Bali menyerupai ke GWK, Ubud dan Uluwatu," katanya kepada detikTravel, Selasa (28/2/2017).

Namun menurutnya, ada yang sedikit membedakan antara turis Arab dan Timur Tengah serta turis dari Eropa dan Australia. Yang paling mencolok, yaitu hotel untuk menginap.

"Saya pernah beberapa kali meng-handle turis dari Timur Tengah. Mereka maunya tidur di hotel bintang 5 dan di bersahabat pantai," kata Ketut Ardana.

Karena tidur di hotel bintang 5, maka terang uang yang dihabiskan oleh turis Arab dan Timur Tengah lebih banyak angkanya. Pengeluaran mereka ketika berliburan lainnya pun juga cukup besar.

"Turis Timur Tengah itu spending-nya di atas rata-rata. Mereka yaitu turis dari negara kaya dan masuk logika jikalau lebih banyak menghabiskan uang ketika liburan," tutur Ketut Ardana.

Ketut Ardana pun sangat mengapresiasi liburan Raja Salman ke Bali. Atas liburannya, warga arab dan Timur Tengah pasti juga penasaran untuk datang dan melihat pribadi pesona Bali sebagai daerah liburan yang dipilih rajanya ketika berkunjung ke Indonesia.

"Liburan Raja Salman ke Bali ini sangat faktual sekali. Bakal membuka peluang warga Arab dan Timur Tengah untuk jalan-jalan ke Bali," tutupnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bukan Cuma Medan, Mega Travel Fair Juga Digelar di Balikpapan

Ada Tur Harry Potter Hingga Game of Thrones di London, Tertarik?

Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah