Bikin Baper, Jalan-jalan di Jembatan Cinta Praha

Panorama cantik membawa perasaan (Indah Mutiara Kami/detikTravel)

Praha - Kota Praha, Ceko memiliki destinasi cantik juga romantis. Traveler solo yang datang ke sana jangan baper (bawa perasaan) ya!

Suasana klasik era gotik mewarnai setiap sudut kota Praha yang merupakan ibukota Republik Ceko, salah satu negara di Eropa Tengah. Berjalan kaki di antara bangunan-bangunan klasik di Praha mampu membangkitkan nuansa romantis, termasuk di lokasi wisata terkenalnya yaitu Charles Bridge.

Charles Bridge, atau Karlův most dalam Bahasa Ceko, merupakan sarana penyeberangan di atas Sungai Vltava. Jembatan sepanjang 621 meter dan selebar 10 meter ini akhir dibangun di penghujung era ke-15 yang merupakan era pemerintahan Raja Charles IV. Charles Bridge yaitu pengganti dari Judith Bridge yang sebelumnya rusak jawaban banjir.
Gembok cintaGembok cinta (Indah Mutiara Kami/detikTravel)

Saat ini, Charles Bridge merupakan jembatan tertua di Praha. Jembatan berbatu itu kini hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki, kendaraan beroda empat dan tram dilarang lewat.

Di sela-sela kunjungan ke Praha, detikTravel sempat mendatangi Charles Bridge dikala pagi hari, Jumat (24/2/2017) lalu. Di penghujung animo dingin, Charles Bridge belum begitu ramai pada pukul 09.00 waktu setempat. Turis tetap berdatangan ke Charles Bridge meski suhu pagi itu sekitar 7 derajat Celcius dan cuaca mendung. Ada pula warga yang jogging melintasi jembatan.

Turis dapat menyusuri Charles Bridge dari dua titik, sisi Old Town dan sisi Lesser Town. Dua titik ini sudah menjadi sentra pariwisata dan mudah diakses dengan transportasi publik maupun dengan berjalan kaki.
Wisatawan menikmati suasana kotaWisatawan menikmati suasana kota (Indah Mutiara Kami/detikTravel)

Di ujung jembatan, turis disambut dengan menara yang mampu dinaiki untuk memandang Praha dari ketinggian. Mulai menyusuri jembatan, wisatawan pasti termakan untuk memotret tiap melangkah alasannya pemandangan kota Praha mampu terlihat terang dari Charles Bridge.

Ada yang duduk di pinggir jembatan atau hanya bersandar sambil menikmati pemandangan kota. Beberapa wisatawan yang jalan berpasangan juga tak segan mengumbar kemesraan sambil mengabadikan banyak sekali sudut Charles Bridge.

Sisi Old Town dapat menjadi latar belakang foto yang lebih klasik. Ada Prague Castle yang menjulang di bukit sebagai latar yang pastinya membuat foto para wisatawan jadi lebih indah.
Objek patung yang menjadi sasaran foto para turisObjek patung yang menjadi sasaran foto para turis (Indah Mutiara Kami/detikTravel)

Patung-patung di pinggir Charles Bridge juga menjadi objek yang menarik wisatawan. Mereka mengelus-elus bab bawah patung alasannya ada dogma bahwa menyentuh patung di Charles Bridge dapat membuat para wisatawan beruntung dan kembali lagi ke Praha.

Jika datang pada animo panas, Charles Bridge akan lebih ramai lagi. Penjual souvenir serta fotografer dapat ditemui di setiap sudutnya. Wisatawan diingatkan untuk berhati-hati alasannya dalam kondisi ramai, copet sangat marak di kawasan wisata di Praha.

Di ujung Charles Bridge, tepatnya di sisi Lesser Town, ada pagar yang menjadi kawasan memasang gembok cinta. Seperti kebiasaan di banyak sekali kota di dunia, para pasangan ingin mengabadikan kebersamaannya di Charles Bridge dengan memasang gembok bertuliskan nama serta tanggal di pagar jembatan.
Suasana klasik dari bangunan tuaSuasana klasik dari bangunan bau tanah (Indah Mutiara Kami/detikTravel)

Sebenarnya, tak butuh waktu lama untuk jalan kaki menyusuri Charles Bridge. Durasi paling banyak dihabiskan untuk berfoto-foto di tiap titik jembatan dan menikmati nyamannya jalan kaki di kawasan wisata ikonik di Praha ini.

Usai berjalan kaki sambil menikmati romantisnya Praha, wisatawan dapat menjajal masakan khas Ceko yang mudah ditemukan di sekitar Charles Bridge. Ada trdelnik, kudapan manis cerobong yang dipanggang serta mampu diisi dengan es krim sampai cokelat. Ada pula palačinky yang merupakan pancake tipis khas Ceko.

Jalan-jalan ke lokasi wisata tentu belum afdol tanpa membawa buah tangan. Toko souvenir juga tersebar di sekitar Charles Bridge dengan harga yang bersaing, jadi jangan lupa cek toko sebelah sebelum membeli.

Charles Bridge menjadi objek wisata yang tidak mampu dilewatkan ketika berkunjung ke Praha. Baik sendiri atau dengan pasangan, jalan kaki di jembatan bersejarah nan cantik ini tetap romantis.
Kota Praha dari ketinggianKota Praha dari ketinggian (Indah Mutiara Kami/detikTravel)

Comments

Popular posts from this blog

Bukan Cuma Medan, Mega Travel Fair Juga Digelar di Balikpapan

Ada Tur Harry Potter Hingga Game of Thrones di London, Tertarik?

Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah