Tahun 2016, Makin Banyak Turis Indonesia Liburan ke Singapura

Gathering Bersama STB di Hotel JW Marriott, Jakarta (Kurnia/detikTravel)

Jakarta - Singapura menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia. Kunjungan wisatawan Indonesia pun menunjukkan peningkatan di tahun 2016.

Pada tahun 2016, jumlah kunjungan turis absurd ke Singapura meningkat 7,7% menjadi 16,4 juta. Penerimaan devisa dari sektor pariwisata juga meningkat 13,9% menjadi SGD 24,8 miliar.

Indonesia sendiri termasuk salah satu pasar utama wisatawan ke Singapura. Di tahun 2016, sebanyak 2,894 juta wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura. Angka tersebut meningkat 6% dari tahun sebelumnya.

"Indonesia masih menjadi market nomor satu," ujar Raymond Lim, Area Director Singapore Tourism Board (STB) Indonesia dalam Gathering Bersama STB di Hotel JW Marriott, Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Pada Desember 2016 kunjungan wisatawan Indonesia pun disebut-sebut menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah dengan jumlah 330 ribu, meningkat 11% dibanding periode yang sama tahun 2015. Kunjungan yang meningkat juga diiringi dengan pendapatan pariwisata, di mana turis yang datang tak sekadar berfoto saja tapi juga melaksanakan banyak kegiatan wisata.

"Datang ke Singapura tak hanya foto-foto di Merlion, tapi juga menikmati akomodasi yang ada," terperinci Indriati Permanasari, Manager International Marketing STB Indonesia.

Pencapaian ini merupakan buah dari dilaksanakannya banyak sekali jadwal promosi pariwisata Singapura di Indonesia selama 2016. Seperti kampanye bertajuk 'Singapura Serunya Bareng Bareng' dengan menggandeng sejumlah selebriti ternama. Kemudian ada pula kegiatan roadshow 'Singapura Seru Bareng' di Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Pekanbaru dan Medan, ekspo wisata, dan lain sebagainya.

"Selain penawaran dan paket-paket, tapi kita juga memberitahu ada event-event apa. Kaprikornus ada alasan lebih untuk datang ke Singapura," ucap Indri.

Di tahun 2017 ini, STB tetap menargetkan Indonesia sebagai pasar sumber wisatawan utama. Berbagai untuk mempromosikan pariwisata Singapura juga akan banyak dilakukan.

Rangkaian roadshow selanjutnya akan diadakan di Palembang tanggal 30 Maret-2 April 2017, kemudian di Medan tanggal 6-9 April 2017. Pada bulan Agustus/September 2017 dan Maret 2018 juga akan ada lagi roadshow lainnya di kota-kota luar Jakarta.

Sementara itu untuk bidang wisata MICE, akan ada sesi networking B-to-B MICE tanggal 17 Maret 2017 di Jakarta. Ini dilakukan untuk menciptakan peluang bisnis MICE Indonesia dari Jakarta dan kota lainnya dengan para mitra industri MICE Singapura.

Lalu untuk lebih menarik banyak grup meeting dan incentive (M&I) berskala kecil antara 50-150 peserta, telah hadir jadwal gres In Singapore Incentive & Rewards (INSPIRE). Program ini akan menunjukkan embel-embel pengalaman kunjungan di Singapura dari rencana perjalanan grup yang sudah ditentukan sebelumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bukan Cuma Medan, Mega Travel Fair Juga Digelar di Balikpapan

Ada Tur Harry Potter Hingga Game of Thrones di London, Tertarik?

Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah