Ini Masjid di Nusa Dua yang Didatangi Rombongan Raja Salman

Masjid Agung Ibnu Batutah di Nusa Dua (Afif/detikTravel)

Nusa Dua -

Jumat (10/3) kemarin, beberapa rombongan Raja Salman melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Ibnu Batutah. Masjid di Nusa Dua yang penuh cerita.

Masjid Agung Ibnu Batutah merupakan satu dari 5 rumah ibadah di Puja Mandala yang berlokasi di Jl Nusa Dua. Ini ialah destinasi yang unik nan menarik, disebut sebagai sentra peribadatan. Ada 5 rumah ibadah yang berderetan di sana.

Ada Masjid Agung Ibnu Batutah, Gereja Kristen Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Doa dan Pura Jagatnaha. Bisa dibilang kawasan inilah simbol kerukunan umat beragama.

Kembali soal masjidnya, mengapa diberi nama Ibnu Batutah?

"Ibnu Batutah itu ialah seorang penggembara. Kaprikornus sama ibarat wisatawan yang datang ke sini untuk salat dan beribadah, mereka ialah para penggembara," jelas Sekretaris Umum Yayasan Masjid Agung Ibnu Natuttah, Muhammad Jumali kepada detikTravel, Jumat (10/3/2017) kemarin.

Masjid Agung Ibnu Batutah di Nusa Dua, Bali (Afif/detikTravel)Masjid ini sempat didatangi rombongan Raja Salman (Afif/detikTravel)
Masjid Agung Ibnu Batutah diresmikan tahun 1997. Masjid ini masih masuk dalam tanah INdonesia Tourism Development Center (ITDC). Mampu menampung sampai 3.000 orang.

"Masjid ini punya perpustakaan mini dan madrasah. Hampir setiap hari ramai oleh turis alasannya ialah banyak travel aget yang jual paket wisata ke Puja Mandala. Tentu, juga sebagai kawasan ibadah bagi wisatawan," terangnya.

Masjid Agung Ibnu Batutah sangat nyaman nan bersih. Di kala waktu salat, masjidnya akan mengumandangkan adzan, memanggil umat Muslim untuk menunaikan ibadah salat.

Lokasinya berada di Puja Mandala yang punya 5 rumah ibadah (Afif/detikTravel)Lokasinya berada di Puja Mandala yang punya 5 rumah ibadah (Afif/detikTravel)
Interior dalam masjid (Afif/detikTravel)Interior dalam masjid (Afif/detikTravel)
Mendengar adzan berkumandang di masjid yang sebelahnya gereja, vihara dan pura menjadi pengalaman menarik. Melihat betapa damainya suasana di Puja Mandala, komplek 5 rumah ibadah. Bukti kerukunan umat beragama.

"Tempat ini memang dikenal sebagai simbol kerukunan umat beragama. Melihat indahnya hidup saling berdampingan," tutup Jumali.

Di sampingnya bangkit gereja sampai vihara (Afif/detikTravel)Di sampingnya bangkit gereja sampai vihara (Afif/detikTravel)

Comments

Popular posts from this blog

Bukan Cuma Medan, Mega Travel Fair Juga Digelar di Balikpapan

Ada Tur Harry Potter Hingga Game of Thrones di London, Tertarik?

Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah