Kuil Meiji Jingu, Sisi Lain Dibalik Hingar Bingar Shibuya

Kuil Meiji Jingu di Shibuya, Jepang (Randy/detikTravel)

Tokyo - Shibuya di Jepang populer sebagai distrik bisnis sampai perbelanjaan yang ramai. Namun di sana juga terdapat kuil Meiji Jingu yang begitu damai dan hijau.

Tersembunyi di balik hingar bingar Shibuya, terdapat komplek Kuil Meiji Jingu. Lokasinya yang berada persis di samping Stasiun Sangubashi dan hanya di seberang Harajuku ini begitu kontras dengan suasana kota yang ramai dan sibuk.

Hal itu pun diungkapkan oleh pemandu wisata aku di Jepang, Yuji Kato. Atas seruan dari Keio Plaza Hotel Tokyo, detikTravel berkesempatan untuk melihat eksklusif Kuil Meiji Jingu di Tokyo beberapa waktu lalu.

"Shibuya memiliki dua sisi, sisi yang sibuk di sebelah kiri (Harajuku - red) dan sisi yang damai di sebelah kanan (Kuil Meiji Jingu - red)," ujar Yuji.

Benar kata Yuji, traveler akan melihat keramaian di Harajuku yang populer sebagai daerah belanja. Sebaliknya, Anda akan melihat pemandangan yang sedikit berbeda dengan ketika di Kuil Meiji Jingu yang hijau.

Suasana yang damai dan hijau di Kuil Meiji JinguSuasana yang damai dan hijau di Kuil Meiji Jingu (Randy/detikTravel)
Mulai dari momen ketika traveler melangkahkan kaki menuju Kuil Meiji Jingu, segala kebisingan dan keramaian Shibuya seakan 'tertelan' oleh keheningan yang ada.

Walau pagi itu Kuil Meiji Jingu cukup ramai didatangi oleh wisatawan, tapi semua orang tampak begitu tenang. Tidak mengapa, Kuil Meiji Jingu merupakan kuil Shinto yang lazim dipakai untuk beribadah. Kuil ini juga menjadi salah satu objek wisata populer di Tokyo.

Memiliki luas 70 hektar, komplek Kuil Meiji Jingu tidak ada ubahnya dengan hutan kota di tengah padatnya Tokyo yang didominasi gedung pencakar langit. Bedanya, komplek Kuil Meiji Jingu didominasi oleh pepohonan tinggi.

Suasana di dalam komplek utama kuil (Randy/detikTravel)Suasana di dalam komplek utama kuil (Randy/detikTravel)
Dijelaskan oleh Yuji, bila Kuil Meiji Jingu didedikasikan khusus untuk Kaisar Meiji yang dianggap sebagai Dewa. Kuil ini juga dikunjungi oleh jutaan orang ketika Tahun Baru tiba.

"Ini ialah Kuil Shinto yang didedikasikan untuk Kaisar Meiji, ketika tiga hari pertama di Tahun Baru, kuil ini mampu dikunjungi 3,1 juta orang," terang Yuji.

Setelah melewati gerbang utama dengan Torii raksasa di bab depan, traveler pun harus berjalan beberapa kilometer di dalam 'hutan' sebelum mencapai bab utama kuil.

Suasana dalam kuil utama (Randy/detikTravel)Suasana dalam kuil utama (Randy/detikTravel)
Namun jujur saja, rasa lelah tidak akan traveler rasakan ketika berjalan menuju bab dalam kuil. Suasana kuil yang damai sampai udara segar dari pepohonan seakan memberi Anda pelengkap energi spiritual.

Apabila Anda berkunjung ke Harajuku di Shibuya, sempatkan juga untuk mampir ke Kuil Meiji Jingu. Dijamin tidak akan menyesal deh!

Comments

Popular posts from this blog

Bukan Cuma Medan, Mega Travel Fair Juga Digelar di Balikpapan

Ada Tur Harry Potter Hingga Game of Thrones di London, Tertarik?

Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah