Rahasia Tanaman Anggur Tumbuh Subur di Australia

Hijaunya perkebunan anggur di Hunter Valley, Australia (Wahyu/detikTravel)

Hunter Valley - Tanaman anggur sangat penting bagi industri pembuatan wine. Ada diam-diam mengapa anggur mampu tumbuh subur di daerah Hunter Valley, Australia. Mau tahu?

Kawasan Hunter Valley berada sekitar 2,5 jam perjalanan darat dari Sydney. Kawasan ini sudah semenjak lama dikenal sebagai daerah perkebunan anggur, dan juga penghasil wine berkualitas wahid di Australia.

Banyak wine yang dihasilkan di Hunter Valley kemudian diekspor ke banyak sekali negara lain di dunia. Tak heran jikalau popularitas Hunter Valley sebagai destinasi wisata wine di Australia.

Terletak di ketinggian sekitar 1.400-an mdpl, ada alasan khusus mengapa tanaman anggur mampu tumbuh subur di sini. Hunter Valley memiliki iklim yang sangat cocok biar tanaman anggur mampu berbuah.

Tanaman anggur di Hunter Valley (Wahyu/detikTravel)Tanaman anggur di Hunter Valley (Wahyu/detikTravel)


Menurut Ross, salah satu pemandu dari perkebunan anggur Audrey Wilkinson, Hunter Valley dianugerahi cuaca yang sangat mendukung bagi tanaman anggur mampu tumbuh subur. Meskipun bagi manusia, cuaca di Hunter Valley terbilang sangat panas.

"Anggur itu suka dengan sinar matahari. Semakin terik mataharinya, ia akan semakin subur. Asalkan pasokan airnya cukup, ia akan berbuah bagus," kata Ross.

Tanaman anggur suka cuaca matahari yang terik (Wahyu/detikTravel)Tanaman anggur suka cuaca matahari yang terik (Wahyu/detikTravel)


Meskipun panas matahari di Hunter Valley sangat terik, tetapi pasokan air bagi tanaman anggur tetap terjaga. Rahasianya ada pada selang-selang air yang tersembunyi di balik pagar tempat rimbunnya tanaman anggur merambat.

Selang-selang air ini diset untuk menyemprotkan air setiap pagi dan sore hari secara otomatis. Di perkebunan anggur Audrey Wilkinson sendiri, ada danau buatan yang dipergunakan sebagai cadangan air. Danau inilah yang jadi pemasok air bagi tanaman anggur di perkebunan.

Jadi tak heran jikalau tanaman anggur di Hunter Valley terlihat begitu subur dan hijau sejauh mata memandang. Traveler yang ingin mencicipi nuansa yang berbeda dari Sydney, mampu melipir ke Hunter Valley untuk berwisata di perkebunan anggur ini.

Ada selang-selang air yang tersembunyi di balik pagar ini (Wahyu/detikTravel)Ada selang-selang air yang tersembunyi di balik pagar ini (Wahyu/detikTravel)

Comments

Popular posts from this blog

Bukan Cuma Medan, Mega Travel Fair Juga Digelar di Balikpapan

Ada Tur Harry Potter Hingga Game of Thrones di London, Tertarik?