Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah

Al Baik, ayam goreng tepung wajib dicoba di Arab Saudi (Fitraya/detikTravel)

Makkah - Arab Saudi ternyata punya satu jenis masakan yang menarik. Bukan kurma atau daging unta, melainkan ayam goreng Al Baik. Penasaran?

Layaknya sebuah restoran waralaba ayam ternama asal AS, restoran ayam goreng Al Baik akan selalu ramai oleh pengunjung. Setiap hari, tak kurang ratusan orang menikmati sajian ayam goreng Al Baik. Tak jarang kita mampu melihat orang-orang rela mengantre demi mampu menyicipi sepotong-dua potong ayam Al Baik.

Meski sama-sama menyajikan ayam goreng dan kentang sebagai menu andalan, namun rasa Al Baik boleh diadu dengan waralaba ayam ternama itu. Yang lebih penting lagi, restoran ayam Al Baik ini dimiliki oleh pengusaha muslim asal Palestina.

Traveler yang pernah umrah atau haji ke Tanah Suci pasti dekat dengan nama Al Baik, atau setidaknya pernah mendengar nama ini. Sebenarnya, menyerupai apa sih wujud ayam Al Baik ini?

detikTravel beberapa waktu yang lalu pernah mencoba sendiri bagaimana hebohnya ayam Al Baik. Restoran Al Baik ada di sekitar kawasan Aziziyah, tepatnya di sekitar tepi jalan raya Al Masjid Al Haram Road.

Penampakan Restoran ayam Al Baik (Fitraya/detikTravel)Penampakan Restoran ayam Al Baik (Fitraya/detikTravel)


Restoran ayam goreng Al Baik menempati bangunan 2 lantai dengan logo gambar kartun ayam yang lucu. Konsepnya menyerupai dengan waralaba Amerika, yang menyajikan ayam goreng tepung dan kentang goreng.

Bedanya, ayam goreng Al Baik disajikan dengan porsi yang melimpah. Coba saja pesan paket ayam hot and spicy yang jadi favorit para pengunjung. Tapi jangan kaget bila pesanan traveler datang.

Satu paket ini berisi 4 potong ayam (dada serta paha), segunung kentang goreng, dan juga satu roti burger. Porsinya tentu saja jumbo! Benar-benar baik ya penjualnya!

Suasana ramai di dalam restoran Al Baik (Fitraya/detikTravel)Suasana ramai di dalam restoran Al Baik (Fitraya/detikTravel)


Cara makannya pun unik, roti burger ini disobek-sobek menyerupai halnya orang Arab biasa makan roti shawarma atau roti pita, sebagai pendamping ayam goreng. Saus cocolannya pun beda.

Kalau di Indonesia pakai saus sambal, kalau di Restoran Al Baik pakainya saus bawang (garlic) dan juga saus tomat. Saus sambal disediakan hanya di meja makan, namun botolnya ukuran kecil untuk mereka yang mau sambal saja.

Ini ia ayam goreng Al Baik yang terkenal (Fitraya/detikTravel)Ini ia ayam goreng Al Baik yang terkenal (Fitraya/detikTravel)


Yang uniknya lagi, traveler yang akan memesan ayam Al Baik akan diberlakukan sistem antrean dengan nomor urut, menyerupai akan periksa ke dokter. Nomor antrean ini akan tertera di layar. Begitu dapat giliran, nomer traveler akan dipanggil lewat pengeras suara.

Setelah lumayan lama menunggu, pesanan kami pun datang dalam boks alumunium foil persegi panjang. Ada 4 potong ayam yang ukurannya cukup besar dan juga setumpuk kentang goreng. Dijamin kenyang makan satu porsi ayam Al Baik ini!

Ayam goreng tepung Al Baik sendiri kaya akan rasa, tidak kalah dengan yang ada di Indonesia. Cocolan garlic sauce-nya menunjukkan rasa unik tambahan. Jangan lupa juga cocol dengan saus sambalnya. Cocok di pengecap orang Indonesia!

Pantas bila Al Baik cukup terkenal di kalangan jamaah umrah maupun haji dari Indonesia. Harganya pun terbilang sangat terjangkau. Satu paket berisi 4 ayam tadi dihargai sekitar 20 Riyal (setara Rp 70 ribuan). Wah, patut dicoba nih kalau sedang melangsungkan ibadah umrah atau haji.

Comments

Popular posts from this blog

Bukan Cuma Medan, Mega Travel Fair Juga Digelar di Balikpapan

Rahasia Tanaman Anggur Tumbuh Subur di Australia

Ada Tur Harry Potter Hingga Game of Thrones di London, Tertarik?